Persaingan Motor Di kelas 150cc

Persaingan kelas 150cc

Perlu kita ketahui banyak akhir-akhir ini motor 150cc yang keluar dari beberapa brand ternama seperti Honda, Suzuki, Yamaha . mereka berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik di kelas 150cc.
Dengan banyak fitur yg di sematkan dalam produk-produk mereka.
Mulai dari kelas :
1. Matic
2. Naked Bike
3. Sport Bike
4. Bebek Sport

Seperti yang kita tahu kelas kelas Matic, Sport, Naked, dan Bebek-Sport sedang naik daun.  Dan untuk kali ini yang kita bicarakan adalah kelas Sport-Bike. Kelas yang menurut saya kelas yg Supeer Maha dahsyat , karena disini seluruh produsen dari Honda ,Yamaha, Suzuki membuat keunggulan dari produk nya masing-masing. 

1. Honda Cbr 150 R k45g
kita mulai dari motor Cbr150 R yang kita ketahui motor ini keluar lebih dahulu dari kedua pesaing nya. Cbr k45g ini keluar di tahun 2016 awal tahun untuk menggantikan Cbr k45A. 
Dengan dilengkapi Fitur :
1. Lampu LED untuk keseluruhan
2. Dari bentuk rangka
3. Desaign yang totally berubah dari Cbr k45A  
4. Speedo meter full digital
5. Mesin yang juga berubah dari yang sebelumnya DOHC over bore menjadi DOHC near square



2. Suzuki GSX 150R
 Datangnya suzuki yang ingin menantang eksistensi Yamaha dan Honda di kelas 150cc dengan melahirkan baby GSX atau yang kita kenal dengan GSX 150R .
1. Membawa mesin yang lebih advance dan mumpuni dengan DOHC Real over Bore.
2. Lampu Led
3. Stang Full UnderYoke 
4. Speedo meter full digital
5. Menyematkan satu-satunya fitur yang belom ada dikelas motor 150cc yaitu adalah sistem keyless/ tanpa kunci. Fitur ini membuat GSX menjadi motor dengan value yang tinggi karna dengan harga yang cukup terjangkau kita sudah mendapat kan fitur valueable.




3. Yamaha All New R15 VVA
All new R15 di release setelah GSX 150R dengan membawa seabrek fitur dan totally diferent dari R15 sebelumnya.
Mulai dari :
1. Body yang mengikuti R6 terbaru 
2. Speedometer full digital 
3. Stang Under Yoke
4. Full LED
5. Suspensi Upside down di bagian depan
6. Swing Arm dengan model Banana Arm 
7. Ukuran ban yang paling besar diantara kedua kompetitor nya
8. Lampu Hazzard
9. Mesin terbaru dengan teknologi VVA yang membuat walaupun mesin R15 sendiri masih SOHC atau single cam yang biasanya pada putaran Rpm tinggi itu lemah tapi dengan ada nya teknologi VVA menutupi kekurangan tersebut, sehingga putaran mesin teratas bisa lebih bertenaga.
10. Asisst Slipper Cluctch , teknologi ini membuat pada saat kita melalukan gear shifting terasas lebih halus. Membuat pengendara merasa ringan saat menekan tuas kopling. Lalu, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan pelat terpisah, yang membuat tekanan pada pelat kopling berkurang.
Dan saat kita melakukan Downshift secara lebih cepat. maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul.






berikut perbandingan spesifikasi lengkapnya:
Spesifikasi
Yamaha All New R15
Honda All New CBR150R
Suzuki GSX-R150
Dimensi (P x L x T)
1.990 x 725 x 1.135 mm
1.983 x 694 x 1.038 mm
2.020 x 700 x 1.075 mm
Tinggi jok
815 mm
787 mm
785 mm
Jarak sumbu roda
1.325 mm
1.311 mm
1.300 mm
Bobot basah
137 kg
135 kg (kosong)
131 kg
Tipe mesin
4-tak SOHC 4 katup dan dengan VVA
4-tak DOHC 4 katup
4-tak DOHC 4 katup
Kapasitas mesin
155,1 cc
149,2 cc
147,3 cc
Bore x stroke
58 x 58,7 mm
57,3 x 57,8 mm
62,0 × 48,8 mm
Transmisi
6-percepatan
6-percepatan
6-percepatan
Tenaga maksimal
19,03 tk @10.000 rpm
16,9 tk @9.000 rpm
18,9 tk @10.500 rpm
Torsi maksimal
14,7 Nm @8.500 rpm
13,7 Nm @7.000 rpm
14,0 Nm @9.000 rpm       
Kapasitas tangki
11 liter
12 liter
11 liter
Fuel System
Injeksi
Injeksi
Injeksi
Sasis
Deltabox
Diamond
Diamond
Ukuran ban depan
100/80-17M/C 52P
100/80-17 52P(TL)
90/80-17(TL)
Ukuran ban belakang
140/70-17M/C 66S
130/70-17 62P (TL)
130/70-17 (TL)
Rem depan
Cakram 282 mm kaliper 2 piston
Cakram
Cakram
Rem belakang
Cakram 220 mm kaliper 1 piston
Cakram
Cakram
Suspensi depan
Upside down 37 mm
Teleskopik
Teleskopik
Suspensi belakang
Monosok
Monosok Pro-Link
Monosok

Dari Penjelasan dan spesifikasi tabel di atas terlihat jelas bahwa R15 paling unggul diantara kedua kompetitor nya. Lalu tak lengkap rasa kalo tidak kita sebutkan harga dari masing masing produk 
1. Honda all New Cbr 150R = CBR150R standar dijual Rp 32.850.000, CBR150R Red Rp 33.450.000, dan edisi Repsol Rp 33.650.000. Semuanya berstatus on the road DKI Jakarta dan sekitarnya
2. GSX 150R = GSX di jual dengan harga Rp 27,9 juta, namun setelah masa promosi itu berakhir banderolnya kembali normal menjadi Rp 29,9 juta. Harga tersebut juga on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. 
3. All new R15 VVA=  Rp 34,500,000 ,- on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kesimpulan:
Dengan daftar harga ketiga nya di atas , terlihat R15 paling mahal Tapi memberikan banyak fitur baru yang di sematkan untuk kelas 150cc motor sport. lalu GSX dengan harga yang masih promosi 27,5 juta memberikan harga yang valuable terhadap konsumen karna dengan harga dengan harga segitu konsumen sudah mendapatkan fitur motor yang ciamik.
Dan yang paling inferior adalah Cbr dengan harga yang tidak terlalu jauh dari R15 dan terlihat over price dari GSX karna minim fitur dari kedua kompetitornya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM FEED

@fajark05